Sabtu, 12 Maret 2016

Ide Lomba Unik untuk Memeriahkan 17 Agustus,



 Momen 17 Agustus selalu diwarnai dengan perayaan dari seluruh daerah di Indonesia setiap tahun. Berbagai persiapan pun dilakukan menjelang 17 Agustus, mulai dari menghiasi lingkungan dengan berbagai atribut khas 17-an, memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah, hingga mempersiapkan berbagai lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Yup, selain upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai lomba yang diadakan sebagai peramai. Biasanya warga di setiap daerah berkumpul di lapangan untuk menggelar berbagai perlombaan.
Pastinya kalian juga sudah mulai bersiap-siap untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus tahun ini. Nah supaya perayaan 17-an di daerah tempat tinggalmu makin meriah dan heboh, kita punya ide lomba unik yang bisa kamu pakai untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70 tahun ini. Tarik tambang? Lomba makan kerupuk? Itu udah biasa. Saya juga tidak memasukan lomba yang sulit di cari baahan nya seperti bakiak , karung goni , oli dll .. karena sekarang distributor karung goni pun semakin langka, yang jual bakiak pun hamper tidak terlihat.

ide lomba berikut ini pastinya unik banget, wajib kamu coba!

1. “Lompat Tinggi” di air

Permainan pertama yang kamu masukkan ke dalam daftar lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus adalah “Roket Manusia” di air.  Kamu bisa melakukan permainan ini di kolam renang ataupun di sungai kecil yang ada di daerah tempat tinggalmu. Bagilah peserta ke dalam 2-3 grup, dimana masing-masing grup memiliki 1 anggota yang menjadi perwakilan yang akan diangkat untuk melewati palang berupa kayu.
Pola permainan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lompat tinggi. Jika sudah berhasil melewati satu palang, setiap grup akan ditantang untuk melewati palang lain yang lebih tinggi dari palang sebelumnya.

2. Karaoke pakai barbel

Karaoke dengan mic biasa usah terlalu mainstream. Nih ada lomba karaoke yang nggak biasa, karaoke pakai barbel! Bukan mic-nya yang diganti pakai barbel tapi mic diikatkan pada barbel. Untuk bisa bernyanyi, peserta harus mengangkat barbel sejajar dengan mulutnya. Emang butuh kerja ekstra, tapi lomba yang satu ini juga bisa sekaligus buat olahraga loh, Toppers. Nah buat kamu yang mau punya tubuh “kotak-kotak”, nggak ada salahnya mengajukan lomba ini ke panitia 17-an di daerah tempat tinggalmu :D

3. Lomba make-up dengan mata tertutup

Nah kalau lomba yang satu ini cocok banget buat ibu-ibu rumah tangga yang dulu punya cita-cita jadi perias artis tapi nggak kesampean :D Tapi lomba make-up kali ini justru memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena para peserta ditantang untuk merias wajah teman setimnya dalam keadaan mata tertutup. Apa jadinya yah Toppers? Daripada penasaran, mending kamu mencoba sendiri permainan ini, pastinya akan mengundang gelak tawa para penonton yang melihat aksi lihai tanganmu saat melukis wajah temanmu.

4. Ddakji

Buat kamu yang suka nonton reality show Running Man, pasti nggak asing lagi sama permainan yang satu ini, Ddakji! Yup, Ddakji adalah permainan tradisional Korea Selatan yang menggunakan kertas yang dilipat hingga membentuk sebuah lempengan dan biasanya dimainkan oleh 2 orang. Masing-masing pemain memiliki ddakji-nya sendiri dan membanting ddakji-nya ke arah ddakji lawan. Jika berhasil membuat posisi ddakji lawan menjadi terbalik, kamu berhak keluar menjadi pemenangnya. Seru kan Toppers? Nggak ada salahnya kita mengadaptasi permainan asal Korea Selatan ini untuk acara 17-an nanti, biar makin seru!

5. Memasukkan paku ke botol

Ini dia salah satu permainan legendaris yang sudah dimainkan anak-anak Indonesia dari jaman nenek moyang kita, memasukkan paku ke botol! Saking legendarisnya, permainan yang satu ini juga pernah diadaptasi dan dimainkan oleh para member Running Man loh, Toppers.

6. Perang bantal

Permainan di air yang bisa jadikan sebagai salah satu lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus di tempatmu adalah perang bantal. Pastinya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Perang bantal biasanya dimainkan oleh  2 orang yang duduk di sebuah kayu yang dipasang di atas air. Kedua peserta ini saling memukul bantal ke lawannya dan siapa yang bisa bertahan hingga akhir, dialah yang jadi pemenangnya.

7. Sepak bola daster

Sepak bola sudah menjadi salah satu olahraga favorit yang kerap diperlombakan di setiap perayaan 17 Agustus. Sepak bolanya sih emang udah biasa, tapi pakaian pemain-pemainnya ini yang nggak biasa. Bukan pakai jersey, bukan pakai kaos, tapi pakai daster. Ya daster yang biasa dipakai ibu-ibu saat bersantai di rumah!

Para pria akan bermain sepak bola seperti biasa, tapi dengan mengenakan pakaian daster istri ataupun ibu mereka. Bukan cuma para peserta yang menguras tenaga, tapi tenaga para penonton juga akan terkuras, terkuras karena nggak bisa berhenti tertawa melihat aksi para pesepak bola daster ini :D

8. Sepeda lambat

Biasanya orang berlomba-lomba untuk cepat sampai ke titik finish, tapi berbeda dengan permainan yang satu ini. Dalam permainan sepeda lambat, peserta yang paling terakhir sampai ke titik finish justru yang menjadi pemenangnya. Semua peserta diwajibkan untuk mengayuh sepeda dengan kecepatan selambat mungkin, tanpa terjatuh.
Buat kamu generasi 90-an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan perlombaan yang satu ini. Sepeda lambat sering dilombakan saat perayaan 17-an di sekolah dasar, biasanya terdiri dari beberapa babak, dimana setiap babak diikuti oleh 5-10 orang, tergantung pada luas lapangan yang digunakan.

9. Tangkap belut

Nah kali ini ada lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan oleh semua kalangan umur, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak kecil sekali pun, tangkap belut! Makin besar kolam belutnya, makin seru pula permainan ini. Jika ada empang di sekitar tempat tinggalmu, gunakan empang tersebut sebagai tempat untuk menyelenggarakan perlombaan tangkap belut ini. Tapi jika tidak ada tempat yang memadai, kamu juga bisa menggunakan ember untuk menampung belutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar