Senin, 13 Juni 2016

apa saja yang harus di perhatikan jika anda menjadi fotografer dalam acara pernikahan



Gak gampang menjalani profesi menjadi fotografer dalam sebuah acara pernikahan, apalagi kalo acaranya dibikin mewah dan padat jadwalnya. Tanpa persiapan bakal kelabakan deh . Kita jangan sampe kehilangan momen-momen berharga dari acara sakral tersebut agar sang mempelai nantinya puas dengan hasil foto Kita. 


Sebenarnya usaha yang bermodalkan kamera tidak Cuma jasa foto saat wedding , ada banyak sekali apalagi jaman sekarang sudah canggih, kamu bisa memulai karir mu dari jasa foto produk makanan , foto foto burger di burger king kenapa bisa terlihat sangat menggiurkan dan bagus,  itu karena sang foto nya ahli. Tapi skrg saya mau sedikit ulas apa saja yang harus di perhatikan jika anda menjadi fotografer dalam acara pernikahan.




GUNAKAN FORMAT RAW

Mayoritas fotografer tentu merasa tidak memiliki cukup waktu untuk menggunakan format RAW, mengingat butuh proses lebih panjang dalam pasca pemotretan, tetapi acara pernikahan terjadi sekali seumur hidup dan RAW akan sangat berguna karena memiliki fleksibilitas lebih tinggi dalam memanipulasi foto setelah pemotretan. Acara pernikahan terkadang memiliki nuansa pencahayaan yang 'tricky', maka dari itu RAW merupakan pilihan bagus guna memanipulasi exposure serta white balance menggunakan perangkat lunak.





LIHAT ULANG HASIL FOTO SAAT ACARA RESEPSI


Salah satu keunggulan fotografi digital adalah kesiapan media. Beberapa fotografer bahkan selalu membawa notebook atau laptop pada saat acara resepsi pernikahan. Mereka melihat kembali dan membuatnya sebagai slideshow, dan memutarnya pada saat acara malam hari.



PENGGUNAAN BACKGROUND FOTO

Salah satu tantangan dalam Fotografi Pernikahan adalah semua orang selalu bergerak kesana kemari, dan ini berarti background foto kita juga akan berganti-ganti bukan? Idealnya cari BackGround yg teduh, rapi dan tidak ada elemen-elemen benda yg bisa mencuri perhatian penikmat foto pernikahan tersebut.



 JANGAN MEMBUANG FOTO-FOTO JELEK

Salah satu keunggulan dalam fotografi digital adalah kemudahan mereview foto-foto yg sudah kita ambil, kita bisa dengan mudah menghapus foto-foto yg dianggap jelek. Kita perlu ingat bahwa, foto pada nantinya bisa di-crop atau dimanipulasi untuk memberikan kesan seni atau abstrak dan bisa ditambahkan pada album pernikahan.



MERUBAH PERSPEKTIF

Berusahalah untuk sedikit kreatif dengan jepretan-jepretan kita. Memang pada nantinya foto-foto dalam album akan berupa foto-foto formal atau pose formal, tetapi pastikan kalian untuk menyisipkan foto-foto dengan angle pemotretan dari bawah, atas, dengan wide angle dan lain-lain.



FOTO GROUP TIDAK HARUS TEGANG

Sering kali kita melihat foto-foto grup dari mempelai beserta keluarga terasa kaku dan terkesan tegang. Mungkin banyak fotografer menganggap foto semacam ini lebih formal. Namun ini adalah jaman modern, dimana kita bukan menggunakan kamera film yg harus tetap tegak, berdiam, dan melihat kamera saat di foto. Instruksikan pada keluarga mempelai untuk berfoto lebih santai, tersenyum dan dengan posisi rileks namun tetap terlihat bagus.



FILL FLASH

Ketika memotret di luar ruangan pada saat setelah acara pernikahan atau saat sesi pemotretan, kita sebaiknya tetap membawa flash turut serta, dan gunakan teknik fill flash. Atur kekuatan atau power flash sebanyak satu atau dua stop agar foto tidak terlalu blow-out, tetapi fill flash adalah suatu keharusan ketika pada kondisi subyek yang backlit (terkena cahaya matahari dari belakang) atau pada saat siang hari yang akan mengakibatkan banyak bayangan kuat.



MODE CONTINUOUS SHOOTING

Kamera dengan fitur memotret dalam jumlah banyak pada satu waktu akan sangat bermanfaat pada acara pernikahan. Jika kamera kita mendukung fitur ini, maka gunakanlah. Terkadang foto kedua dari sequence foto adalah foto yg terbaik, karena mereka tampak santai dan telah beradaptasi pada momen tersebut.



BERHARAP APA YANG TIDAK DIHARAPKAN

Rencana sempurna pun pada prakteknya bisa saja terjadi kesalahan, tetapi kesalahan tersebut bisa menjadi momen yg sempurna di acara pernikahan. Banyak sekali kesalahan yg bisa terjadi pada saat acara pernikahan, seperti cincin yg terselip dan sulit ditemukan, turun hujan ketika acara resepsi berakhir dan lain-lain. Momen seperti ini tentu akan menyebabkan sebuah kepanikan, tetapi momen seperti inilah yg bisa menciptakan kenangan yg tidak terlupakan. Cobalah mengabadikan momen tersebut, dan kita akan mendapatkan foto-foto lucu yg membuat mereka tertawa.



BE HAPPY

Wedding atau pernikahan adalah sebuah perayaan, dan perayaan seharusnya menyenangkan bukan? Semakin kita merasa senang sebagai seorang fotografer, maka percayalah kita akan semakin santai ketika memotret.

Semoga bermanfaat dan berkah bagi kehidupan kita. Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar