Selasa, 07 Juni 2016

Cara Aman Memulai Usaha Bersama Teman



 
Banyak diantaranya orang-orang yang akan memilih bekerja sama dengan teman ataupun sahabat guna membuka peluang usaha baru. 

Tujuannya hanya satu, yaitu agar modal yang nantinya terkumpul bisa jauh lebih banyak. Apakah Anda termasuk kedalam golongan orang-orang yang ingin membuka usaha bersama teman Anda?

Cara Aman Memulai Usaha Bersama Teman


Membuka usaha bersama teman Anda memang akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Pastinya Anda bisa bertukar pikiran bersama mereka guna kemajuan perusahaan yang kalian bangun bersama. Dengan Anda mendapatkan bantuan dari teman Anda, pastinya Anda tidak akan terlalu merasa tertekan ketika menghadapi suatu masalah.
Akan tetapi, menjalankan bisnis bersama teman juga bisa merugikan diri Anda. Apalagi jika teman yang Anda ajak kerja sama ternyata berbuat curang. Tidak jarang ada teman yang tega meraup keuntungan sendiri dari usaha yang Anda rintis bersama mereka. Ada juga teman yang tidak mau bekerja sama, hanya semangat di awal saja dan kemudian meninggalkan tanpa sebab. Itu akan membuat kita sangat keteteran. Bayangkan saja jika kalian merintis usaha dan memutuskan menjadi distributor telur puyuh , bagaimana nasib burung puyuh itu jika di telantarkan. Sangat kasihan kan, tapi bila kamu melanjutkan nya sendiri , kamu akan kelabakan atau kamu akan sibuk super super dan tidak dapat melakukan kegiatan lain nya, kamu memang akan mendapat keuntungan semua tapi kamu tetap harus berjoin dengan orang lain agar usaha kamu berjalan lancar dan awet.

Jika Anda ingin membuka usaha bersama teman, sebaiknya simak dulu beberapa cara berikut ini:

1. Pembicaraan serius
Usaha yang Anda jalankan bersama teman tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya keseriusan. Anda bisa mengajak teman Anda untuk berdiskusi mengenai usaha apa yang akan Anda jalankan nantinya. Anda harus bisa mempertimbangkan semua aspek usaha yang mungkin bisa Anda lakukan dengan teman Anda. Anda harus terus berunding sampai Anda menemukan kata sepakat.

2. Modal usaha
Anda harus membuat suatu kesepakatan terkait jumlah modal yang nantinya akan diberikan oleh Anda serta teman Anda. Dalam hal ini pembagiannya haruslah adil agar nantinya tidak ada perselisihan. Nantinya, modal yang kalian berikan ini akan digunakan untuk membuka usaha bersama.

3. Membagi tugas
Setelah Anda mengumpulkan modal yang akan digunakan untuk menjalankan usaha, inilah saatnya Anda membagi tugas bersama teman Anda. Bagilah tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing. namun satu hal yang harus Anda ingat, pembagian tugas ini harus adil dan tidak memberatkan salah satu pihak.

4. Pembagian keuntungan
Sebelum Anda meresmikan usaha tersebut dibuka, alangkah lebih baik jika Anda membahas dulu terkait pembagian keuntungan yang nantinya akan diperoleh. Agar nantinya tidak terjadi perselisihan, pembagian keuntungan dalam usaha ini harus terbagi jelas serta transparan. Dengan demikian nantinya tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan.

5. Surat perjanjian
Agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana, alangkah lebih baik lagi jika Anda bisa membuat surat perjanjian yang pastinya memiliki kekuatan hukum. Tujuan dari hal ini yaitu agar tidak ada salah satu pihak yang berani melanggar, baik itu masalah pembagian keuntungan, modal, atau pun tugas kerja.
Tentunya Anda sudah sangat percaya dengan teman bisnis Anda bukan? Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda tetap waspada dalam menjalankan usaha agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar