Kamis, 19 Mei 2016

Bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa membuat penghasilan bertambah



Ada banyak sekali bisnis Rumahan yang sudah dilakoni oleh masyarakat, dalam area kita sendiri. Bagi anda yang sudah melakukan, maka silahkan lebih ditingkatkan karena nilai  kesuksesannya tergantung pada anda sendiri bagaimana menjalankannya. Untuk anda yang belum menjalani : bagamana, apakah anda belum tertarik sampai saat ini ? 

Bagi seorang pemula bisnis, tentu tidaklah mudah menjalani usaha baru. Apalagi dengan modal pas-pasan, pasti akan merasa kebingungan dalam memilah-milah usaha.Bagaimana caranya ya ?

Berikut ada beberapa contoh bisnis rumahan dengan modal kecil yang mungkin bisa menjadi acuan anda sebagai bahan pertimbangan, bagi anda yang sedang memulai bisnis :

1. Menjadi Blogger
Blog adalah sebuah media informasi berbasis internet yang sangat mumpuni untuk dikembangkan pada era baru ini. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, sangat dimungkinkan bila bisnis ini akan sangat berpotensi besar dimasa mendatang. Dengan modal yang sangat kecil tentu ini bisa dilakukan oleh siapapun. Silahkan bila anda ingin menjadi Blogger anda bisa klik link di bawah ini untuk mempelajarinya

 2. Membuat Souvenir dari barang bekas
Jika kita sedikit jeli, sebenarnya banyak sekali hal baru yang bisa di kreasikan dari barang atau benda disekitar kita, seperti kain perca, kardus atau kertas bekas, serbuk gergaji dan masih banyak lagi. Bahkan benda atau barang yang tadinya sudah tidak bermanfaat sekali pun ternyata bisa di jadikan sesuatu yang bernilai. Dan di sinilah tugas anda untuk menggali seberapa besar peluang usaha dari pemanfaatan barang atau benda-benda tadi. Dan silah kan bagi anda yang tertarik klik cara-cara pembuatan souvenir dari barang bekas dibawah ini.

3. Membuat Kue-kue kecil (bisa berlanjut menjadi Catering)
Makanan adalah salah satu jenis usaha yang tak pernah mati. Dengan modal tidak terlalu besar dalam mengawalinya mungkin jenis ini bisa diperhitungkan. Pemasarannya pun jelas, bisa dengan buka toko sendiri (bila dana memadai), penitipan ke warung,dll.

Tips berbisnis makanan :

• Pengenalan dan Penjajakan
Lakukan pengenalan dan penjajakan di lingkungan sekitar.
• Harus Enak
Setelah mengetahui selera pasar, langkah berikutnya kualitas rasa.
• Tampilan Menarik
Ternyata tidak hanya rasa yang enak dan lezat saja yang di perhitungkan oleh pembeli, tampilan sangat berpengaruh disini.
• Pelayanan
Berikan pelayanan terbaik yang anda miliki, seperti kualitas rasa, kebersihan, deliveri tepat waktu, sapaan ramah dan senyum tulus.
• Lakukan Promosi
Mulai dari menyebarkan brosur, kartu nama, memberikan contoh gratis untuk dicoba hingga promosi yang paling efektif dari mulut ke mulut.
• Mengatur Keuangan
Pemasukan dan pengeluaran dalam mengelola usaha makanan atau kue ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang paling konvensinonal yan itu di catat di buku maupaun dengan pembukuan dengan cara mutakhir yaitu sistem komputer.


4.Counter Pulsa
Hampir semua orang memiliki handphone saat ini, karena itu membuka usaha konter pulsa adalah suatu hal yang tepat. Anda tak perlu menyewa ruko untuk membuka jenis usaha ini. Memanfaatkan halaman rumah pun bisa Anda lakukan. Yang dibutuhkan hanya steling untuk meletakkan voucher pulsa non elektrik dan menampilkan kartu perdana yang baru. Selain itu, Anda menyiapkan buku untuk mencatat nomor-nomor telepon yang ingin diisikan pulsanya.

Sungguh, macam usaha seperti ini sangat murah sekali biayanya. Dikatakan murah, karena Anda tak membutuhkan modal untuk menyewa ruko. Memanfaatkan rumah sendiri adalah modal utamanya. 

Jika Anda ingin membuka gerai konter pulsa yang lebih besar, Anda bisa memanfaatkan bagian 
paling depan rumah Anda, jika modelnya seperti ruko. Baik Anda renovasi atau tidak, yang pasti Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual pulsa dan handphone-handphone baru. Atau bahkan, Anda juga bisa membuka jasa service dan perbaikan handphone.

Perkiraan biaya, jika hanya membuka konter pulsa, maka dana yang dibutuhkan sekitar 2 jutaan saja untuk membeli steling kecil. Jika membuka usaha konter pulsa plus penjualan handphonenya, maka perkiraan modal sekitar 3-4 jutaan. Jenis usaha seperti ini tak akan menghabiskan modal banyak dan boleh dikatakan tak akan pernah padam. Karena semua orang membutuhkan pulsa. Selama handphone masih menjadi alat komunikasi utama, usaha seperti ini akan terus berkembang dan maju.


5.USAHA JAHITAN
Khusus untuk usaha jahit- menjahit ini, sangat di butuhkan kreativitas yang tinggi. Karena pakaian meskipun bukan barang basi jika tidak terjual, tapi tetap saja memiliki masa ekonomis yang produksi. Artinya anda harus terus meneus mengebah mode pakaian aga tidak ketinggalan trend yang sedang berkembang.

Anda bisa membagi biaya-biaya tersebut menjadi 2 bagian, yaitu :

• Biaya tetap ( biaya operasional )
Yang termasuk kedalam biaya ini adalah gaji, uang makan untuk pekerja yang bisa dihitung dengan pasti.
 • Biaya variabel ( biaya produksi per unit poduk)
 Yang termasuk dalam biaya ini adalah upah pekerja per poting baju, bahan baju, benang, kertas pola, dan lain-lain. 

Untuk jenis apa saja yang akan anda pasarkan , itu tergantung pada kemampuan pekerja dan juga kemampuanmu, namun kebanyakan orang mencari jasa bikin kemeja , karena jarang sekali toko toko menjual kemeja yang cocok d badan .

Pada dasarnya keberlangsungan usaha ini tergantung pada banyaknya pelanggan dan ketekunan anda. Layanan yang sangat baik serta memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar