Jumat, 13 Mei 2016

Kemampuan dan modal dasar menjadi desainer grafis handal




Pekerjaan didunia desain semakin hari semakin ramai peminatnya, desainer grafis salah satunya. Desainer grafis bertugas membuat solusi visual sebagai sebuah media atau cara berkomunikasi.

Dimanapun desainer grafis bekerja, baik di media cetak, elektronik, atau film, seorang desainer grafis dituntut untuk memberikan informasi melalui seni. Jika Anda berniat menjadi seorang desainer grafis, maka Anda perlu beberapa bekal. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Bekali diri sejak dini
Desainer grafis sangat membutuhkan keterampilan yang berasal dari berbagai macam ilmu pengetahuan. Semenjak SMA Anda sudah harus bergelut dengan dunia tersebut, jangan biarkan diri Anda malas untuk memperkaya ilmu pengetahuan tentang bidang ini, Anda bisa mempelajari sejarah seni, desain visual, seni grafis, dan lainnya.

2. Peroleh gelar sarjana
Sebagian desainer grafis bisa mendapatkan pekerjaan meskipun tanpa gelar atau sertifikat pelatihan formal. Dalam banyak kasus, tidak mudah untuk bisa menjadi ahli dalam desain grafis tanpa belajar pada tingkatan yang lebih tinggi.

3. Menetapkan dasar keterampilan yang seluas-luasnya.
Setiap proyek menuntut desainer grafis dengan berbagai variasi. Namun cara terbaik agar Anda selalu dibutuhkan dalam proyek tersebut adalah menjadi orang yang terampil dalam berbagai bidang. Sewaktu kuliah, jangan lupa untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti berbagai kursus dalam dunia desain, seperti photoshop, desain web, desain produksi, iklan dan tipografi untuk memperluas keterampilan Anda.

4. Tetap up to date
Dunia desain, terutama desain visual di dunia periklanan dan media tentunya berubah dengan sangat cepat. Sangat penting untun mengikuti tren dan juga perkembangan dalam industri apabila Anda ingin memiliki karir yang panjang dan sejahtera dalam bidang desain grafis.

5.   Bersosialisasi dengan Desainer Grafis Lainnya
Tidak cukup dengan mengikuti komunitas desain, dengan menghadiri seminar seperti yang dikatakan sebelumnya, relasimu pasti akan bertambah. Kamu pasti akan bertemu dengan desainer grafis lainnya. Cobalah saling berkenalan dan bertukar social media yang kalian miliki. Dengan memiliki jaringan yang luas, tentu akan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.

6.  Ambillah Kelas Desain
Banyak perguruan tinggi setempat memungkinkan kamu untuk mengikuti kelas tanpa belajar penuh waktu atau bahkan dengan waktu yang lama. Seperti  International Design School yang memiliki College Program Digital Design yang hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun yang akan mengantarmu menjadi seorang desainer profesional yang siap berkarya di industri. Saya mengetahui sekolah ini dari teman saya. Setelah anda mengambil kelas ini, mungkin anda bisa join dengan partner anda untuk membuka jasa pembuatan logo , sama sama memiliki kemampuan dan ide kreatif kan

7.  Wawancara Desainer Grafis Lainnya
Setelah mendapatkan kontak desainer grafis lain, wawancara mereka secara tidak langsung. Ajak ngobrol orang yang kamu temui. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

8. Lakukan Perjalanan
Jika kamu memiliki dana dan waktu, lakukanlah perjalanan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kamu akan menemukan hal baru dan belajar banyak dari perjalananmu. Kamu akan melihat budaya baru dan karya seni yang baru. Hal itu akan membuka pikiranmu tentang dunia luar. Wah!

9.  Belajar Hal Baru
Menjadi desainer grafis yang baik memang tidak mudah. Banyak usaha yang harus dilakukan dan jangan berhenti belajar! Dengan terus belajar dan mempelajari hal baru, tanpa kamu sadari kemampuanmu akan terus meningkat.

10. Ambillah Buku Sketsa
Buku sketsa akan membantu kamu bekerja melalui ide-ide dengan cepat dan tanpa keterbatasan software desain. Dan tentunya, dengan buku sketsa kamu dapat menggambarkan ide di mana pun kamu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar