Minggu, 06 Agustus 2017

6 Tips Merawat Ban Tubeless

Saat ini banyak sekali anak muda gemar sekali kumpul bersama komunitas sepeda motor, apakah anda salah satu orangnya? dengan perkembangan jaman saat ini hampir semua anak muda sudah mempunyai sepeda motor untuk di gunakan ke mana saja yang di inginkannya. Sama seperti ketika berkumpul bersama komunitas pencinta motor yang sering sekali touring keluar kota, untuk menjaga kesehatan dan keamanan ketika berkendara banyak sekali anak muda yang memilih ban tubles untuk di gunakan pada motor kesayangannya dengan alesan supaya aman ketika melakukan perjalanan jauh. Namun untuk membuat ban anda terjaga kualitasnya ada yang harus anda perhatikan,  ban tersebut tidak bisa anda samakan dengan smartphone yang jika rusak bisa di betulkan di jasa reparasi iphone. Berikut cara perawatan ban tubles supaya tetap awet dan terjaga kualitasnyanya
  • Hindari lem cair

Menghindari penggunaan lem cair adalah tips cara merawat ban tubeless  yang bisa Anda gunakan saat ban motor Anda bocor. Jangan buru-buru menutup ban bocor dengan lem cair atau lem ban karena bisa menyebar ke permukaan ban. Nantinya hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada ban. Bahkan, kemungkinan ban bisa meledak secara mendadak saat Anda memacu motor dalam kecepatan yang tinggi.
  • Periksa ban secara teliti

Tips cara merawat ban tubeless  ini merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin. Periksa bagian bahu dan telapak ban. Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ban sedini mungkin. Ban harus segera diganti ketika mencapai batas keausan minimum.
  • Perhatikan tekanan angin

Tips cara merawat ban tubeless  ke tiga ini berkaitan dengan tekanan angin pada ban. Saat ban dalam keadaan panas, usahakan jangan mengurangi tekanan anginnya. Untuk menyesuaikan tekanan ban, ada baiknya dilakukan saat ban dalam keadaan dingin. Tekanan ban belakang yang ideal adalah 38 hingga 40 psi sementara ban depan adalah 32 psi. Jika tekanan ban berada di 20 psi, ban bisa saja terlepas dari pelek roda.
  • Cara melepas paku

Saat ban tubeless tertusuk paku, jangan mencabutnya secara asal. Ada baiknya Anda mencari bengkel khusus tambal ban tubeless saat hal ini terjadi karena jika paku langsung dicabut, maka angin akan terus keluar hingga habis. Ban pun bisa terlepas dari pelek.
  • Beban


Tips cara merawat ban tubeless terakhir adalah memperhatikan beban yang dibawa. Usahakan untuk tidak memberikan beban yang telalu berat pada ban dan perhatikan ketentuan muatan maksimum kendaraan yang bisa dibawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar