Selasa, 29 Agustus 2017

5 Tips Menjaga Akun iCloud

Di jaman modern saat ini tehnologi semakin berkembang pesat, dan banyak sekali perusahaan tehnologi membuatkan smartphone atau komputer jingjing yang canggih dan keren. Seperti contohnya adalah apple, di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang menggunakan brand apple. Selain dengan fitur fitur yang di sediakan sangat canggih, service center macbooknya pun gampang di temukan. Namun untuk menggunakan brand apple ini anda harus memiliki akun iCloud, apakah anda sudah memilikinya? Jika sudah, apakah anda sudah mengerti cara melindungi akun iCloud anda supaya tidak di bobol oleh hacker? Berikut 5 tips menjaga akun iCloud yang di miliki
  • Ganti password Anda

Jika Anda menggunakan password iCloud pada situs lain, maka sebaiknya Anda mengganti password tersebut. Terutama jika Anda telah menggunakan password yang sama selama bertahun-tahun.
  •  Pastikan fitur autentikasi 2 faktor aktif

Jika Anda belum mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor pada akun iCloud Anda, sebaiknya Anda segera mengaktifkannya. Dengan begitu, akun Anda tidak akan bisa diakses dari perangkat yang tidak dikenal meski mereka mengetahui password yang Anda gunakan. Dengan fitur ini aktif, ketika Anda atau orang lain berusaha untuk mengakses iCloud dari perangkat baru, maka Apple akan mengirimkan kode verifikasi ke perangkat yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Anda harus memasukkan kode ini untuk bisa masuk ke akun iCloud.
  •  Periksa bahwa yang Anda aktifkan adalah autentikasi 2 faktor bukannya verifikasi 2 langkah

Ada kemungkinan Anda hanya menggunakan sistem verifikasi 2 langkah yang lebih tua dan kurang aman jika dibandingkan dengan autentikasi 2 faktor. Untuk memeriksa hal ini, masuk ke Apple ID Anda dan periksa bagian Security. Jika tertulis "verifikasi 2 langkah", Anda bisa mematikannya dan mengaktifkan autentikasi 2 faktor. Jika sudah tertulis "autentikasi 2 faktor", Anda sudah aman.
  • Periksa perangkat yang bisa mengakses akun iCloud Anda

Masuk ke situs Apple ID. Lalu pergi ke bagian Devices untuk melihat perangkat apa saja yang saat ini terhubung ke akun Anda. Pastikan Anda mengenali semua akun tersebut.
  • Gunakan password manager


Menggunakan password unik untuk setiap situs yang Anda gunakan akan menyulitkan Anda jika Anda harus mengingatnya sendiri. Satu-satunya cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan password manager. Safari sudah dilengkapi dengan manajemen password, yang bisa Anda gunakan jika Anda memakai Safari di semua perangkat Anda. Namun, password manager pihak ketiga bisa menawarkan fitur lain. Untuk password manager, Anda bisa menggunakan 1password atau LastPass

Tidak ada komentar:

Posting Komentar