Jumat, 29 Desember 2017

4 Tips Menghadapi Panggung

Hidup dijaman modern saat ini banyak sekali anak – anak muda yang menguarkan kepintarannya untuk mengadakan sebuah acara atau biasa di sebut event yang sangat menarik. Selain berlomba lomba untuk merawat mobil kesayangan pada bengkel mercy, anak muda saat ini pun berlomba- loba untuk membuat event yang kreatif serta menarik. Banyak sekali event yang di buat oleh anak muda, dengan kepintaran yang di miliki dan di dukung oleh kemajuan tehnologi saat ini acara yang di buat anak muda saat ini sudah makin maju dan seru. Kebanyakan acara yang di buat oleh anak muda saat ini adalah event lomba dan musik, mengapa demikian? Jelas karena anak muda saat ini sangat gemar bermain musik atau band dan olahraga. Jika anda anak muda, betul bukan pernyataan tersebut? lalu untuk anda yang ingin mengikuti sebuah event musik, apakah anda sudah menguasi panggung? Berikut adalah tips yang bisa anda pelajari dan ikuti bagi anda yang ingin manggung di sebuah event musik
  • Atur Demam Panggung

Tips sukses untuk manggung yang pertama adalah mengatur demam panggung dalam artian mengontrol demam panggung. Demam panggung merupakan hal yang lumrah terjadi pada seseorang yang akan melakukan sesuatu di depan banyak orang misalnya berpidato, teater, menari, begitu pula dengan pemain band atau penyanyi. Demam panggung tidak bisa dihilangkan tetapi bisa dikurangi dengan cara memperbanyak pengalaman manggung. Semakin sering seseorang tampil di depan umum, semakin pede dan demam panggung terkurangi hingga di atas panggung yang dirasa hanya senang di atas panggung. Perbanyaklah manggung di manapun, bisa di acara sekolah, kampus, agustusan, syukuran. Jangan mengharapkan honor besar dulu, untuk di awal tidak dibayarpun bukan masalah, pengalaman yang utama.
  • Jadilah Mata-Mata

Tips sukses untuk manggung yang kedua adalah menjadi mata-mata yaitu dengan cara menonton pertunjukkan band atau penyanyi lain. Lihat dan dengarkan sebanyak mungkin band atau penyanyi lainnya. Perhatikan dan simaklah pertunjukkan yang mereka suguhkan misalnya bagaimana mereka berpenampilan, bagaimana mereka menjaga tempo musiknya, bagaimana sikap mereka terhadap penonton dan masih banyak yang lainnya. Buatlah catatan apa saja dari yang kalian tonton dari mereka para band atau musisi dan penyanyi lainnya untuk menjadi PR guna menambah wawasan bermusik kita.
  • Bergoyang

Tips sukses untuk manggung yang ketiga adalah bergoyang. Bergoyanglah dengan musik kalian sendiri ini bukan hanya saja menyenangkan diri sendiri tetapi bergoyang juga memperkaya penampilan panggung kalian, sehingga penonton pun ikut merasa terhibur dan asyik karena pembawaan kalian yang asyik juga. Pernah melihat band, penyanyi atau musisi lainnya yang sangat kaku seolah-olah kaki dilem nempel di lantai, tidak bergoyang bersama musik sendiri alhasil mereka terlihat kaku membosankan. Sebaliknya jika kalian ingin membuat penonton berkesan, goyanglah.
  • Persiapakan Pertunjukkan Musikmu


Tips sukses untuk manggung yang keempat adalah dengan mempersiapkan pertunjukkan musik dengan latihan musik secara fokus. Hal ini adalah yang terpenting, persiapkan pertunjukkan musikmu yang akan ditampilkan esok di panggung. Jika band, latihan fokus dan serius dalam penggarapan musiknya, persiapkan lagu-lagu yang akan dibawakan. Jika penyanyi berlatihlah menyanyikan lagu-lagu yang akan dibawakan. Baik band atau penyanyi harus mempersiapakan penampilan yang berupa kostum yang akan dipakai. Perhatikan, jangan sampai saltum (salah kostum). Kostum yang unik juga baik untuk pertunjukkan, jadilah pembeda dalam panggung, tetapi jangan berlebihan, dan anda juga bisa memberikan beberapa merchandise band anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar