Minggu, 31 Desember 2017

6 Manfaat Sirih Yang Sangat Berguna

Dikemajuan jaman saat ini banyak sekali anak muda yang sudah lupa dengan obat obat tradisional Indonesia akibat sibuk memanfaatkan kemajuan tehnologi saat ini, dengan kekayaan alam yang melimpah membuat Indonesia kaya akan rempah – rempahnya. Rempah-rempah yang salah satunya adalah sirih, apakah anda mengenal dengan sirih? Sirih sering kali di temukan pada kakek atau nenek, karena mereka sangat suka mengkonsumsi sirih tersebut. Sebagai anak muda Indonesia apakah ada sudah mengetahui apa saja manfaat dari sirih tersebut? Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain . Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur . Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan . Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi  (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang , oleh karena itu banyak sekali nenek dan kakek kita sangat suka mengkonsumsi sirih tersebut.  selain bagus untuk gigi, daun sirih pun memiliki manfaat yang lain . Apa saja sih manfaat yang bisa di dapatkan dari daun sirih ? Berikut informasi manfaat daun sirih yang harus anda ketahui
  •  Mengobati penyakit asma .

Caranya, siapkan 4 – 5 daun sirih , rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.
  • Menyembuhkan radang tenggorokkan .

Banyak sekali karyawan program akuntansi  yang sibuk akan tugasnya yang di kerjakan pada ruangan dingin tak jarang membuat mereka radang tenggorokan. Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2 – 3  gelas sehari .
  • Mengobati batuk .

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.
  • Mengobati penyakit Bronchitis .

Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6 – 10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja . Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratu r.
  • Obat luka bakar ringan

Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali
  • Mengobati demam berdarah


Rebus 5 – 6  daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar