Dengan berkembangnya
zaman saat ini membuat peluang berbisnis terbuka sangat lebar, dan akhirnya
banyak sekali orang yang ingin memanfaatkan peluang tersebut untuk meraih
keuntungan. Memang dengan terbukanya peluang berbisnis saat ini, anda harus
pintar – pintar untuk memanfaatkan peluar tersebut untuk meraih kesuksesan
sejak dini. Untuk meraih sebuah kesuksesan berbisnis jelas anda harus melakukan
pemasaran produk agar produk yang anda jual atau tawarkan bisa dikenal oleh calon
pelanggan anda, pemasaran produk merupakan salah satu hal penting yang akan
menentukan performa perusahaan atau unit bisnis anda. untuk melakukan promosi
produk anda harus memperhatikan sebuah strategi pemarasannya seperti apa,
pemasaran produk merupakah hal yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk
yang anda jual agar masyarakat atau calon pelanggan anda mengenal lebih luas. Setalah
memperhatikan sebuah cara pemaran produk yang tepat, saatnya anda memperhatikan
pengelolaan keuangan secara tepat, karena jika tidak seperti itu perusahaan
atau unit bisnis akan tidak seimbang. Untuk menjaga kesimbangan keuangan
perusahaan anda bisa menggunakan software akuntansi yang profesional. Berikut 5 cara promosi
produk yang bisa anda coba
- Menggunakan Social Media
Dengan era modern
saat ini jelas banyak sekali orang yang sudah menggunakan sosial medial, anda
bisa jadikan sosial media untuk memasarkan produk yang anda punya. Karena dari
sosial media cukup ampun untuk anda jadikan alat pemasaran, dengan menggunakan
social media perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan segala
kalangan. Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih
komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka, sehingga apa yang
ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.
- Menawarkan Produk Secara Gratis
Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen,
karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap
perlu juga karena seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk,
karena mereka belum pernah mencoba tentang
produk tersebut. Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung
menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon
konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka
perusahaan bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat
calon konsumen mengetahui sebuah produk.
- Memilih Tempat Strategis
Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi pemasaran
yang patut dipertimbangkan, karena dengan tempat penjualan yang strategis
berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja
memicu penjualan yang tinggi. Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus
menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.
Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos,
maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat
kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.
- Memberi Insentif untuk Rekomendasi
Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila
ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni
dari pelanggan yang telah memakai produk tersebut Anda harus memberi
penghargaan berupa insentif yang menarik. Insentif sebuah testimoni tidak harus
selalu berupa uang, namun bisa berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan
adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak
untuk sasaran marketing, yaitu pelanggan
yang loyal dan calon pelanggan.
- Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan.
Mereka telah berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan
secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah
persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi
penghargaan kepada para pelanggan yang loyal terhadap perusahaan dengan cara
menaggapi masukan pelanggan maupun memberi hadiah secara langsung atas
pembelian yang mereka lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar