Selasa, 25 April 2017

Tips Menggunakan Macbook Bagi Pemula


 Hasil gambar untuk menggunakan macbook


Macbook adalah laptop yang diciptakan agar sederhana dalam penggunaannya dan juga sangat nyaman untuk digunakan oleh penggunanya. Apple macbook bisa dikatakan menjadi tantangan besar serta ketakutan bagi windows user pada umumnya. Sistem serta tampilannya yang asing mampu membuat orang berhenti mencoba menggunakan mesin ini. Jika macbook anda mengalami kerusakan karena terlalu sering di gunakan anda bisa mencari service iphone jakarta untuk membenarkannya.

Mac sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan dan diillustrasikan seperti diatas. Mac itu sederhana, aman , dan indah. bagi anda yang baru menggunakan mac tidak perlu khawatir disini bisa mendapatkan beberapa tips, sedangkan untuk anda yang penasaran bagaimana menggunakan mac, simak terus karena anda juga busa memahami bahwa mac tidak jauh berbeda dengan windows. yang menjadi perbedaan utama antara dua sistem operasi tersebut terletak pada implementasinya.
beberapa kebiasaan dan konsep windows harus dibuang jauh jauh karena tidak berlaku di mac:

1. Menubar untuk setiap jendela
pengguna windows terbiasa melihat menubar seperti file, edit, view, help, etc. tersedia disetiap jendela aplikasi yangmereka buka. masing-masing aplikasi mempunyai menubar tersendiri. ini tidak berlaku lagi di mac karena hanya ada satu menubar yang di share oleh semua aplikasi. menu-menu yang tersedia di menubar ini nantinya akan berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang sedang aktif/focus saat ini.

2. Ikon menu bar
ikon menu bar bisa dikategorikan seperti tras pada windows. sudah banyak pengembang yang menawarkan aplikasi pada anada beberapa pilihan aplikasi control menggunakan menu bar.

3. Dock
wilayah dimana aplikasi yang aktif bertempat. sebuah aplikasi yang sedang dijalankan selalu dimasukkan ke dalam dock. sebuah indikator bercahaya di bawah icon aplikasi menunjukkanbahwa aplikasi tersebut sedang aktif. dock dapat dianggap sebagai task bar pada windows.

4. Spotlight
dapat membuat anda menjalankan aplikasi, menetukan files, mengakses konfigurasi mac, serta melakukan kegiatan lain seperti melakukan perhitungan. spotlight ada sebuah fitur seacrh yang menjadi keunggulan mac di bandingkan dengan windows.

Cara menggunakan mac:

1. Menjalankan aplikasi
cukup lakukan dengan klik pada aplikasi yang ingin dijalankan. lokasi aplikasi selalu disimpan pada finder application. lebih sederhananya lagi, anda dapat menjalankan finder terus menekan cmd+shift+a. satu cara lagi untuk menjalankan aplikasi adalah dengan menjalankan spotlight dan memasukan nama aplikasi yang ingin di jalankan.

2. Menghentikan aplikasi
tidak bekerja seperti di windows dimana anda hanya perlu memilih tombol x di windows titlebar. pada mac, anda harus memilih nama aplikasi di menu bar terus quit. atau anda cukup menekan cmd+q pada aplikasi yang aktif.

3. Install aplikasi
untuk menginstall aplikasi bisa dengan memindahkannya ke folder application yang telah disebutkan sebelumnya. tidak berlaku setup maupun install seperti di windows. native application biasanya hanya cukup di pindahkan saja. tetapi ada juga beberapa aplikasi yang menggunakan installer.

4. Unistall aplikasi
untuk menguninstall aplikasi dapat dilakukan dengan mudah, yakni menghapusaplikasi yang ingin anda hilangkan dari folder aplikasi. tetapi langkah tersebut akan meninggalkan beberapa konfigurasi atau dukungan aplikasi yang tak terhapus. untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya anda menggunakan aplikasi pendukung seperti appcleaner.

Demikian tulisan ini hanya memberikan gambaran secara garis besar apa saja yang dapat di lakukan di mac.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar